Santri APW Nyaman Belajar di Taman Masjid DT

Memasuki pekan ke sembilan, Santri Program Pesantren Akhlak Plus Wirausaha (APW) Daarut Tarbiah, Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT), kini memasuki tahap ujian tertulis. Ujian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman secara teori, dari materi-materi yang selama ini disampaikan. Baik itu materi kepesantrenan, maupun wirausaha.

Menjelang ujian, terlihat beberapa Santri APW tengah khusuk belajar di tempat-tempat yang menurutnya nyaman untuk belajar. Seperti yang dilakukan Elma, salah seorang Santri APW asal Ciamis, ia memilih belajar di taman masjid DT. Menurutnya, taman tersebut nyaman untuk belajar. “Nyaman aja sih buat belajar. Jauh dari keributan, jadi bisa lebih konsentrasi,” ujarnya pada Hari Kamis (15/3).

Elma mengatakan, ujian ini hanya untuk mengetahui pemahaman secara teori, namun bukan menjadi tolak ukur kesuksesan seseorang. Mengapa? Karena menurutnya kesuksesan yang sesungguhnya bukan pada nilai di atas kertas, tetapi pada pengamalan ilmu yang selama ini didapatkan.

Ketertarikan Elma mengikuti Program APW bermula sejak ia menyelesaikan kuliahnya di Bandung. Meskipun basicnya adalah seorang guru, tetapi ia ingin berwirausaha. Dari situ muncul keinginan untuk mengikuti program APW DT, dan belajar mengenai kewirausahaan.

Alhamdulillah, melalui program ini saya jadi tahu banyak hal tentang kewirausahaan. Selain ilmu wirausaha, banyak ilmu-ilmu agama yang dipelajari. Seperti ilmu Aqidah, Manajemen Qolbu, dan yang terpenting banyak berubah akhlaknya menjadi lebih baik,” ujar Elma.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *