SD DT Rangsang Psikomotorik Siswa Melalui Olahraga

Upaya mengenalkan pendidikan di luar kelas, dikemas SD Daarut Tauhiid (DT) Bandung dengan mengajak siswa-siswanya melatih fisik melalui olahraga bola tangan. Seperti Olahraga Kasti dan Bisbol, yang dilakukan di lapangan hijau Eco Pesantren DT, di Cigugur girang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung, pada Jumat (13/9).

Para siswa kelas A dan B, ditemani guru pendamping, tampak antusias ketika Aziz, Guru Mata Pelajaran Olahraga SD DT menjelaskan teknis olahraga tersebut. Banyak di antara mereka yang minta diajarkan terlebih dahulu, sebelum memulai permainan bola kasti.

Aziz mengatakan, kegiatan olahraga di lapangan, atau di ruang terbuka, harus diperbanyak bagi siswa pada usia yang terbilang masih dini. Mengapa? Karena dengan kegiatan olahraga di lapangan, akan lebih cepat pertumbuhan psikomotoriknya, dan akan memperlancar daya ingatnya.

“Hari ini sedang melatih fisik para siswa melalui olahraga, dan olahraga yang dimaksud bukan yang berat seperti angkat beban, melainkan olahraga dengan menggunakan bola, atau lebih kepada permainnan bola kasti dan bisbol. Di sini para siswa selain dilatih secara fisik, juga dilatih konsentras, bagaimana bermain dengan regu atau timnya masing-masing? Adanya olahraga seperti ini sangat positif untuk mendukung pertumbuhan siswa yang rata-rata usia tujuh tahunan, karena dapat meningkatkan pertumbuhan tulang dan psikomotoriknya,” jelas Aziz.

Ia menambahkan, kegiatan di luar lapangan atau di alam seperti di Eco Pesantren ini, banyak sekali pepohonan. Katanya, hal itu dapat merangsang semangat belajar, karena siswa banyak menghirup udara bersih dan segar.
(Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *