Mengapa Harus Berdagang ?

Berniaga merupakan salah satu aktivitas yang tidak bisa dipisahkan atau dilewatkan dari kisah kehidupan Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaiahi wasallam. Ia merupakan sosok pebisnis yang sangat sukses dalam berniaga. Bahkan Nabi Muhammad telah melakukan aktivitas bisnisnya sejak umur 12 Tahun. Pada masa itu Nabi Muhammad sering diajak pamannya, Abu Thalib untuk berdagang ke negeri Syam.

Diumur yang relatif masih muda, Ia mengajarkan dan membuktikan bahwa usia muda bukanlah halangan untuk bekerja dan bisa menghidupi diri sendiri. Yang tak terlupa lagi adalah, tak pernah sekalipun Rasulullah tidak melibatkan Allah Ta’ala dalam setiap hal yang dilakukan.

Perjalanan Nabi Muhammad di dunia bisnis yang berjalan lebih dari 20 tahun tentu tidak perlu diragukan lagi. Selain dikenal sebagai seorang Rasul, beliau juga dikenal sebagai sosok yang sangat baik di Negara-negara pusat perdagangan seperti Yordania, Irak, Yaman dan Negara-negara lainnya. Bahkan Empat kali memimpin ekspedisi perdagangan untuk Khadijah ke Syiria, Jorash dan Bahrain di sebelah timur Semenanjung Arab.

Adapun beberapa alasan Nabi Muhammad memutuskan melakukan aktivitas niaga diantaranya sebagai berikut:

Pertama, berniaga merupakan ladang bisnis yang jelas untuk mencari rezeki. Karena biasanya dengan berniaga seseorang akan tahu apa yag dia beli utuk dijual kembali, dan siapa yang akan membelinya, bahkan bisa dibilang proses dari awal sampai barang sampai ke konsumen akan diketahui oleh orang yang berniaga.

Kedua, bisnis adalah sebaik-baiknya profesi. Bisnis merupakan profesi yang menjanjikan dalam sebuah keuntungan lahiriyah dan batiniyah.

“Pernah suatu ketika beliau ditanya oleh salah satu sahabat, perkerjaan apa yang paling baik? Beliau menjawab, seorang bekerja dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang bersih.” (HR. Al-Bazzar).

Ketiga, bisnis merupakan pintu rezeki bagi umat manusia. Bisnis merupakan sumber rezeki yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, artinya lebih fleksibel dan tidak diikat oleh ruang waktu dan tempat.

Keempat, bisnis menjadi salah satu cara menyebarkan syiar Islam keseluruh pelosok kehidupan dan kalangan diseluruh dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang penduduknya memeluk agama Islam melalui jalur perdagangan, terutama pada masa-masa terdahulu.

Hal-hal tersebutlah kurang lebih yang menjadi sebab Nabi Muhammad memilih untuk menjadi pedagang dan menyarankan berdagang kepada umat Islam. Karna berdagang adalah salah satu aktivitas yang dapat memenuhi kebutuhan orang banyak dan juga melibatkan banyak orang dalam pelaksanaannya. Sehingga akan ada banyak orang yang merasakan manfaat dari perdagangan yang dijalankan. Wallahu a’lam bishowab.

(Shabirin)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *